Mengenal Sabang, Taman Surga Pariwisata Aceh Yang Dimiliki Indonesia

     Halo sahabat .. Admin yang akrab dipanggil Harjuky selaku penulis blog ini ingin berbagi sedikit cerita  "My Trip My Adventure In Sabang" , serta mengajak sahabat  untuk mengenal tempat objek-objek wisata alam yang ada dikota sabang,sebagai mana Sabang dijuluki dengan  Taman Surga Pariwisata  Aceh Yang Dimiliki Indonesia . Nah untuk sahabat yang penasaran dengan kota sabang silahkan baca artikel ini sampai habis dan tuntas.
      Sabang merupakan salah satu kota di Indonesia yang berada di ujung kepulauan Sumatera, Dari segi geografis Indonesia, wilayah Kota Sabang berada pada 95°13'02"-95°22'36" BT, dan 05°46'28"-05°54'-28" LU, merupakan wilayah administratif paling utara, dan berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Malaysia, Thailand, dan India.

Wilayah Kota Sabang dikelilingi oleh Selat Malaka di Utara, Samudera Hindia di Selatan, Selat Malaka di Timur dan Samudera Hindia di Barat. (Wikipedia).

Heaven Travel Sabang
Source: Google.com
Sabang  memiliki 5 pulau dengan sejuta keindahan, pulau-pulau tersebut yaitu Pulau Klah, Pulau Rondo, Pulau Rubiah, Pulau Seulako dan Pulau Weh.
1. Pulau Klah
    Pulau Klah berada tepat dijantung teluk Sabang, Pulau Klah ini terletak tepatnya dihadapan pantai Krueng Raya. Untuk luas nya pulau Klah ini memang tidak cukup begitu luas, akan tetapi keindahan alamnya mampu membuat pikiran kita jadi tenang dan damai. Di sekitar pantai pulau klah juga terdapat batu-batu karang yang terjal sehingga dapat melengkapi keindahan pulau ini. selain sekedar melihat keindahan alam, dipulau Klah kita juga bisa melakukan diving, surfing, dan snorkling.  untuk melihat panaroma-panaroma yang ada di bawah laut serta bisa bercanda ria sambil jemuran diri di pinggir pantai.
Pulaut Klah Sabang
Source : Google.com
Selain itu, Di Pulau Klah sudah ada beberapa penginapan dan juga bungalow yang berjajar di pinggiran pulau Klah tersebut, jadi kita tetap bisa menikmati panorama Laut yang indah dari balkon penginapan-penginapan dan bungalow  yang ada disana.

2. Pulau Rondo
    Pulau Rondo adalah pulau yang terletak pada posisi yang paling jauh antara pulau Klah , Seulako dan Rubiah, di pulau ini terdapat objek wisata sejarah yang menjadi bahan selfie para wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke pulau Klah ini, yaitu Tugu Nol Kilometer  . Lokasi tugu ini terletak di areal Hutan Wisata Sabang tepatnya di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kecamatan Sukakarya, sekitar 5 km dari Pantai Iboih. Tugu Nol Kilometer ini merupakan sebuah penanda geografis yang unik di Indonesia. Hal ini berkaitan perannya sebagai simbol perekat Nusantara dari Sabang di Aceh sampai Merauke di Papua.

Pulau Rondo
Source : Google.com
Lalu kenapa pulau ini disebut dengan pulau Rondo , dalam bahasa jawa rondo artinya janda, tapi Sebagian warga Sabang menyebut pulau itu dengan nama Pulau Bruek. Nama ini muncul lantaran bentuknya yang seperti tempurung kelapa.  semenjak tahun 2014 lalu hingga sekarang pulau ini semakin banyak di kunjungi oleh para wisata,apalagi bagi pengunjung yang gemar foto-foto atau selfie.

3. Pulau Rubiah
    Pulau Rubiah dikenal dengan pulau surga taman laut, dengan air laut yang jernih dan tenang ditambah dengan aneka ragam ikan-ikan dan terumbu karang yang indah, Pulau Rubiah ini mampu menarik minat para wisatawan-wisatawan  asing maupun lokal yang berkunjung pulau tersebut. Pulau Rubiah termasuk di dalam kawasan pulau Weh, dan merupakan bagian dari kota Sabang. Pulau Rubiah memiliki luas sekitar 0,357 km 2 dan merupakan pulau paling utara di Indonesia.
Pulau yang berada di sebelah barat kota Sabang, memiliki jarak kurang lebih 23,5 km dari kota tersebut atau sekitar 350 m dari pantai Iboih.

Pulau Rubiah
Source : Google.com
Selain datang atau berkunjung untuk menikmati suasana taman laut di Pulau Rubiah, bagi para wisatawan juga bisa membawa oleh-oleh berupa cendera mata atau souvenir khas Pulau Rubiah, souvenir tersebut seperti kerajinan tangan dari bahan baku kerang dan lain-lainnya.

4. Pulau Seulako
    Pulau Seulako di juluki dengan pulau yang mungil ,dengan luas yang kecil dan di anugerahi pemandangan alamnya yang sangat eksotis dan menarik, pulau ini mampu menghipnotis wisatawan-wisatawan yang berkunjumg ke pulau tersebut. Pulau Seulako juga termasuk salah satu pulau kebanggaan kota Sabang , pasalnya pulau Seulako ini memiliki beragam hayati yang sangat luar biasa kayanya, dengan keanekaragaman itu Pulau Seulako tidak pernah sepi akan kunjungan-kunjungan, terutama bagi wisatawan yang memiliki keluarga pulau seulako merupakan ide terbaik untuk tempat berliburan,  di pulau seulako kita bisa melakukan refresing dengan lebih puas, karena banyak sekali hal menarik yang bisa di dapatkan ketika melakukan refresing ke pulau apalagi di sekitar bibir pantai sudah pasti akan menjadi momen yang paling menyenangkan.

Pantai Laut Seulako
Source : Google.com
Di pantai pulau Seulako juga tersedia hammock atau tempat tidur gantung dengan tali diantara dua pohon, jadi kita dapat menikmati keindahan alam dan pantai lewat semilir angin yang berhembus meskipun mata dengan terpejam.

5. Pulau Weh
  Pulau Weh atau sering disebut dengan pulau terpisah merupakan salah satu objek wisata yang sangat terkenal dengan keidahan taman lautnya. Kisah singkat dari pulau weh ialah pulau ini terpisah dari laut akibat letusan gunung berapi pada zaman Pleistosen. Namun hingga saat ini pulau weh hingga saat ini masih terlihat menakjubkan dan alami. Di pulau weh terdapat banyak objek wisata yang tentunya akan membuat liburan kita tidak sia-sia ketika berkunjung ke pulau weh ini.
Tempat objek wisata nya antara lain :

- Pantai Anoe Itam (pantai pasir hitam)
merupakan tempat pariwisata yang sangat disukai oleh para wisatan-wisatawan , dengan pasir yang berwarna hitam menjadi daya tarik sendiri untuk berkunjung ke pantai ini.

Pantai Anoe Itam
Source : Google.com
- Pantai Gapang
Pantai ini merupakan pantai yang menjadi target bagi wisatawan penjelajah dunia , karna dengan keadaan pantai yang bersih serta di iringi oleh pohong gapang yang menjulang ke tepi pantai, pantai ini jadi buah bibir dikalangan para wisatawan yang berkunjung ke Sabang.

Pantai Gapang
Source : Google.com

- Pantai Sumur Tiga
Pantai sumur tiga ini tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang telah penulis bahas sebelumnya, dengan pasir yang lembut berwarna putih dan di tambah lagi dengan air laut yang jernih dan bersih membuat laut pantai ini jadi tambah menawan.

Pantai Sumur Tiga
Source : Google.com
- Pantai Iboih
Dengan letak lokasi di ujung barat pulau sumatera, pantai Iboih ini memberikan pemandangan alam yang begitu alami serta membuat sejuta pesona keindahan laksana seperti surga. pulau Iboih ini tidak cuma terlihat indah didaratan saja , tapi di bawah laut juga jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan penggemar kegiatan diving dan snorkeling.

Pantai Iboih
Source : Google.com

- Danau Aneuk Laot
Danau Aneuk Laot (Danau Anak Laut) merupakan sumber air tawar bagi penduduk pulau weh, selain dari itu danau aneuk laot ini juga menjadi sebuah objek wisata di pulau weh. tidak sedikitnya para wisatawan yang berkunjung kepulau ini.

Danau Aneuk Laot
Source : Google.com

- Air Terjun Pria Laot
Air terjun pria laot merupakan air terjun yang indah di Sabang, air terjun yang berhulu dari Gunung Sarung Keris yang berada di tengah hutan dengan aliran air bertingkat. Air terjun ini terletak di desa pria laot,Sabang. 
Jarak air terjun pria laot dengan kota sabang kira-kira sekitar 12 km. Tapi, bagi wisatawan tidak perlu jalan kaki untuk mendapatkan moment terindah di air terjun pria tersebut, karna disana para wisatawan bisa menyewa kendaraan untuk menempuh jarak menuju air terjun pria laot. 


Air Terjun Pria Laot
Source : Google.com

Selain Air Terjun Pria Laot, masih banyak lainnya taman surga pariwisata Sabang Aceh yang dimiliki Indonesia . diantara lain seperti Pemandian Air Panas Keuneukai, Pulau Rubiah dan lain-lainnya.
tempat pariwisata tersebut merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi warga negara Indonesia terutama penduduk Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam. 

Pariwisata Aceh
SABANG MARINE FESTIVAL 2016 Diselenggarakan  Oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh




-- SEMOGA SABANG MENJADI TEMPAT PARIWISATA ACEH YANG TERKENAL SELURUH DUNIA--


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

2 Responses to "Mengenal Sabang, Taman Surga Pariwisata Aceh Yang Dimiliki Indonesia"