Pengertian Dan Pembahasan Tentang Memori Komputer

 

MEMORI KOMPUTER

Kata “Memori” digunakan untuk mendeskripsikan suatu sirkuit elektronik yang mampu untuk menampung data dan juga intruksi program. Memori juga dapat dibayangkan sebagai suatu ruang kerja bagi komputer dan memori juga menentukan terhadap ukuran dan jumlah program yang bisa dijalankan dalam program yang sama,sekaligus juga jumlah data yang bisa di proses.

Apa Itu Memori ?
Memori adalah istilah generik bagi tempat penyimpanan data dalam komputer. Memori bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yang dibutuhkan processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi. Karena itulah,fungsi kapasitas merupakan hal terpenting pada memori. Karena semakin besar kapasitasny,maka semakin banyak data yang dapat di simpan dan di suplai,yang akhirnya membuat processor bekerja lebih cepat.

Berdasarkan kecepatannya, memori dapat di bagi dalam 3 bagian yaitu;
1. Register Memori Merupakan jenis memori yang kecepatan aksesnya paling cepat,memori ini terdpat pada CPU/Processor. Contohnya, Register data, Register alamat, Stack Pointer Register, dll.

2. Cache Memory, Memori ini mempunyai kecepatan tinggi dan terletak diantara memori utama dan register pemroses,yang berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada memori utama agar kinerja dapat ditingkatkan.

3. Memori Utama Jenis memory utama di bagi 2 yaitu;
1. RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu jenis alat penyimpanan data pada komputer atau media elektronik lainnya seperti(PDA,HP,Notebook,Netbook dll) yang bersifat sementara.
2. ROM (Read Only Memory) adalah salah satu madia penyimpanan yang bersifat permanen,atau media penyimpan berbagai program yang berasal dari pabrik.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Pengertian Dan Pembahasan Tentang Memori Komputer"

Posting Komentar